SUGENG RAWUH SEDEREK KABEH ...

Kamis, 25 April 2013

Pilkades Tlaga Masih Sepi Pendaftar


 BANYUMAS, suaramerdeka.com - Hari pertama pendaftaran bakal calon kepala desa Jumat (15/3), Desa Tlaga Kecamatan Gumelar masih sepi. Padahal, panitia Pilkades setempat sudah gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat.
Kepala Desa Tlaga, Amin Ismaraton mengatakan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti Pilkades memang masih belum terlihat. Namun di Desa Tlaga hingga kini masih terasa 'adem ayem' dan belum kelihatan sosok yang memproklamirkan diri untuk maju.
"Di sini memang ambisi untuk menjadi kades memang cukup kecil. Jika sampai nanti akhir pendaftaran tidak ada yang mendaftar maka ada potensi penundaan waktu," ujar Amin yang juga dulu maju Pilkades berkat dukungan masyarakat.
Amin menyatakan untuk tahun 2013 ini, dirinya memang tidak akan maju kembali dalam Pilkades. Ia ingin kehidupan demokrasi di masyarakat tumbuh. Ia juga ingin bertahap agar mitos genealogis kepala desa mulai terkurangi.
"Semua yang jadi kades, tidak harus ada keturunan kades. Asalkan memenuhi syarat, siapapun bisa maju untuk menjadi kepala desa. Semua berhak untuk mengabdikan diri kepada masyarakat," katanya.
Desa Tlaga akan melaksanakan Pilkades 1 Mei 2013 mendatang. Anggaran untuk Pilkades ini direncanakan sekitar Rp 33 juta. Sumber pendanaan diambilkan dari bantuan dari Pemkab Banyumas, swadaya masyarakat dan sumbangan. Rencananya selain Tlaga, Desa Gumelar Kecamatan Gumelar juga akan menyelenggarakan di hari yang sama.
Sementara itu di sejumlah desa di Kecamatan Ajibarang, geliat Pilkades mulai terasa. Meski belum terbentuk panitia Pilkades, namun sejumlah nama telah memproklamirkan diri dan giat menggalang dukungan. Akibatnya bisa dipastikan sampai dengan hari pelaksanaan Pilkades, biaya politik yang dikeluarkan tiap calon akan membengkak.
"Sekarang saja sudah banyak yang keluar dana. Ada yang membenahi setapak, memberi bantuan untuk ormas, pemuda dan warga. Termasuk pertemuan dengan para pendukung, makanya biaya politiknya cukup besar," ujar Ahmad Dirsan, salah satu anggota BPD Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang.
( Susanto / CN31 / JBSM 
1

Tidak ada komentar: